Sabtu, 19 Oktober 2013

karmil





                            KONSEPSI  PEMBERDAYAAN  KORAMIL  MODEL
DALAM  MENYIAPKAN  SUMBER  DAYA  APWIL MENGHADAPI
TANTANGAN  TUGAS  DI  MASA  DEPAN


                           BAB – I 

                                        PENDAHULUAN 


1.       Umum.

a.       Sejalan  dengan  perkembangan  lingkungan  strategis  yang  terus  berkembang,  TNI – AD  sebagai  salah  satu  komponen  utama  bangsa  yang  bertanggung  jawab  terhadap  kelangsungan  dan  keutuhan  NKRI  senantiasa  berbenah  diri  dengan  terus  berupaya  meningkatkan  kemampuannya  disegala  bidang.   Hal   ini   dimaksudkan   agar  tugas   pokok  yang  diberikan  kepada  TNI – AD  dapat  terlaksana  dengan  baik,  aman  dan  lancar.  Bertitik  tolak  dari  kondisi  tersebut  berbagai  upaya  dan  kebijaksanaan  pembinaan  telah diambil  oleh  pimpinan  TNI – AD,  akan  tetapi  dikarenakan  berbagai faktor,  upaya  yang  dilaksanakan belum  sepenuhnya  dapat  berhasil  dengan  baik.

b.       Dalam  bidang  teritorial  misalnya  diyakini  bahwa  pembinaan  dan  peningkatan  kemampuan Apwil yang  ada  telah  menunjukkan kemajuan – kemajuan  yang  berarti,  akan  tetapi  jika  di  evaluasi  dan  diamati  secara  mendalam  tentang  pelaksanaan  tugas  dilapangan  masih  banyak  ditemukan  aparat  kewilayahan  yang  kurang  memahami  dan  menguasai  kemampuan  bidang  teritorial  bahkan  dan  bahkan  terkadang  timbul  kesan  ada  keragu – raguan  dalam  melaksanakan  tugasnya.  Hal  ini  tentunya  tidak  boleh  terjadi  dan   dibiarkan   terus   berlarut   karena  dikhawatirkan  akan  terjadi  pembiasan  ( deviasi )  yang  pada  akhirnya  akan  mempengaruhi  pencapaian  tugas  pokok  TNI – AD.

c.       Guna  menghadapi  permasalahan – permasalahan  yang  mungkin  timbul  dan  kompleksnya  tantangan  tugas  dimasa  depan  khususnya  dalam  usaha  mewujudkan  kemanunggalan  TNI – Rakyat  yang  merupakan  rohnya   TNI – AD  maka  Apwil  yang  ada  perlu  ditingkatkan  kemampuannya  terutama  bagi  prajurit – prajurit yang  baru  masuk  ke  Kowil  dengan  memberdayakan  koramil  model  yang  ada  secara  baik  dan  terencana.


2.       Maksud  dan  Tujuan.

a.       Maksud.        Memberikan  gambaran  tentang  konsepsi  pemberdayaan  Koramil  model  dalam  menyiapkan  sumber  daya  Apwil menghadapi  tantangan  tugas  dimasa  depan.


b.       Tujuan.         Sebagai  bahan  masukan  kepada  Pimpinan  TNI – AD  dan  para  Pimpinan  Kowil  dalam  rangka  menentukan  kebijaksanaan  yang  akan  datang  khususnya  dalam  menyiapkan  Apwil  yang  berkwalitas.

3.       Ruang  Lingkup  dan  Tata  Urut.     Ruang  lingkup  tulisan  ini  dibatasi  pada  pemberdayaan  Koramil  Model  yang  ada  di  tiap  Korem / Kodim  untuk  menyiapkan  personel – personel  yang  bertugas  di  Koramil  yang  disusun  dengan  tata  urut  sebagai  berikut  :

a.            Pendahuluan.
b.            Kondisi  Koramil  Model  dan  Apwil  saat  ini.
c.            Faktor – faktor  yang  mempengaruhi.
d.       Kondisi  Koramil  Model  dan  kwalitas  Apwil  yang  diharapkan.
e.       Konsepsi pemberdayaan Koramil dalam menyiapkan sumber daya  Apwil.
f.             Kesimpulan  dan  Saran.
g.            Penutup.

4.       Metoda  dan  pendekatan.     Dalam  pembahasan  tulisan  ini  digunakan  metoda  deskriptis  analisis  dengan  pendekatan  kepustakaan  dan  pengamatan  di  lapangan.

5.       Pengertian.

a.       Koramil  Model  adalah  Koramil  yang  dilengkapi  secara  khusus  alat  peralatan  dan  personelnya  sebagai  sarana  yang  digunakan  untuk  menyiapkan  dan  meningkatkan  kemampuan  anggota  yang  baru  masuk  ke  komando  kewilayahan  sebelum  anggota  tersebut  ditugaskan  ke  lapangan.

b.       Kowil  ( Komando  kewilayahan )  adalah  suatu  badan  komando  (Kodam,  Korem,  Kodim,  Koramil  dan  Babinsa)  yang  merupakan  organisasi  pokok  serta  pelaksanaan  dari  badan  diatasnya,  mengenai  binter  serta  wanra.

c.       Apwil  ( Aparat  kewilayahan )  yang  dimaksud  disini  adalah  personel  militer  yang  bertugas  di  komando  kewilayahan  setingkat  koramil.


BAB – II

KONDISI  KORAMIL  MODEL  DAN
PEMBERDAYAANNYA  SAAT  INI 

6.       Umum.        Sebagai  tempat  penyiapan  anggota  yang  baru  masuk  Kowil,  koramil  model  hendaknya  mempunyai  kelebihan  karena  dibentuk  secara  khusus  melebihi  koramil  pada  umumnya.  Berdasarkan  pengamatan  di  lapangan  menunjukkan  bahwa  pembentukan / kondisi  koramil  model  saat  ini  belum  sepenuhnya  dapat  memenuhi  persyaratan – persyaratan  yang  telah  ditentukan,  baik  itu  dari  segi  pemilihan  pangkalan,  kondisi  personel,  materiil,  bujuk / referensi  dan  hal  lain  yang  diperlukan.

7.       Organisasi  Koramil  Model.    Susunan  organisasi  koramil  model  yang  ada  saat  ini  sama  halnya  dengan  organisasi  koramil  lainnya,  yang  mana  terdiri  dari  Danramil, Batuud,  Baur  Konsos,  Baur  Wanra,  Jurlis  dan  Tayanrad  serta  para  Babinsa  yang  masing – masing  satu  orang  untuk  tiap  kelurahan / desa.  Dengan  kondisi  yang  demikian  maka  koramil  model  yang  adapun  hanya  dapat  diandalkan  untuk  melaksanakan  tugas  Binter  seperti  koramil  lainnya  untuk  tugas  lain  khususnya  dalam  penyiapan  anggota  yang  baru  masuk,    pada  kenyataannya  belum  dapat  terlaksana  dengan  baik  sesuai  dengan  tujuan  dan  sasaran  yang  ingin  dicapai.

8.       Personel.
a.       Masukan  personel  koramil  model  pada  umumnya  sama  dengan  koramil – koramil  lainnya  yakni  berasal  dari  Satbanpur,  Satpur  maupun  Satbanmin  dengan  latar  belakang  yang  berbeda – beda.  Umumnya  personel  yang  bertugas  di  Kowil  adalah  karena  keinginan  sendiri  dengan  anggapan  bahwa  bertugas  di  Kowil  akan  lebih  santai  dan  lebih  terbuka  kesempatan  untuk  meningkatkan  taraf  hidup.  Selain  itu  ada  juga  yang  pindah  tugas  ke  kowil  karena  faktor  kondisi  fisik / kesehatan  dan  reputasi  yang  tidak  baik.  Dengan  kondisi  yang  bermacam – macam  tersebut  sudah  tentu  kurang  menguntungkan  bagi  pelaksanaan  tugas  di  lapangan  baik  itu  bagi  seorang  Babinsa  maupun  staf  koramil  yang  seharusnya  mempunyai  kwalitas  dan  kondisi  fisik  yang  baik  sehingga  mampu  menjadi  pembina  (Manager)  ditempat  tugasnya.
b.       Dalam  kepangkatan,  kesesuaian  antara  pangkat  dan  jabatan  masih  menjadi  masalah  dan  belum  terpenuhi  dengan  baik.  Jabatan  Babinsa       yang      seharusnya     di  jabat    oleh   seorang   Bintara  tetapi kenyataannya  masih  banyak  yang  dijabat  oleh  Tamtama,  selain  itu  para  Babinsa  yang  adapun  belum  seluruhnya  mengikuti  kursus  kejuruan  teritorial.  Sebagai  akibatnya  tidak  sedikit  Babinsa  yang  ada,  tidak  mempunyai  kemampuan  untuk  berbicara  dihadapan  umum,  dan  bahkan  timbul  kesan  dibeberapa  daerah bahwa  Babinsa  dalam  melaksanakan  tugasnya  berada  dibawah  bayang – bayang   para   Lurah  ( Kepala  Desa ),  terlebih  saat  ini  kwalitas  pendidikan  Lurah (Kepala  Desa)  banyak  yang  berasal  dari  STPDN / Akademi  lainnya.

9.       Pangkalan.

a.       Letak.       Letak  Koramil  model  yang  ada  saat  ini  pada  umumnya  dipilih  Koramil  yang  dekat  dengan  Makodim.  Dengan  kondisi  yang  demikian  maka  pengawasan  dan  pengendalian  akan  lebih  mudah  dilaksanakan.

b.       Bangunan.    Bangunan  Koramil  model  yang  ada  saat  ini  pada  umumnya  sama  dengan  koramil – koramil  lainnya, yang mana  ruangan / aula  yang  dibutuhkan  dalam  kegiatan  belajar  dan  mengajar  belum  tersedia  secara  baik,  dan  jika  ada  hanya  dalam kondisi  sangat  terbatas,  demikian  juga halnya dengan barak  yang  difungsikan  untuk  menampung  personel  yang  akan dilatih dan lain – lain yang dibutuhkan belum tersedia dengan baik.

10.     Bujuk / Referensi.         Yang  menyangkut  tentang   Bujuk / Referensi  yang  berhubungan  dengan  pelaksanaan  tugas  binter  pada  umumnya  telah  tersedia  dalam  jumlah  terbatas,  akan  tetapi  yang  menyangkut  dengan  bahan  kepustakaan  lainnya  khususnya  buku – buku  pengetahuan  umum  sebagai  sarana  komunikasi  dengan  seluruh  lapisan  masyarakat  belum  tersedia  sehingga  hal  ini  juga  berpengaruh  terhadap  pelaksanaan  KKS  di  wilayah.

11.     Kelengkapan  materiil. Seperti  halnya  koramil  lainnya,  materiil  yang  tersedia  ditiap  koramil  model  saat  ini,  tersedia  dalam  jumlah  yang  cukup,  dalam  arti  untuk  pelaksanaan  tugas  pembinaan  teritorial  masih  dapat  terlaksana  walaupun  kadang  kala  harus  meminjam  dari  masyarakat  atau  instansi  lain  di  wilayah  (bersandar  pada  wilayah).

12.     Pemberdayaan  koramil  model  saat  ini. Koramil  model  yang  ada  saat  ini  dengan  segala  keterbatasannya  telah  dimanfaatkan  untuk  menyiapkan / membekali  personel – personel  yang  baru  masuk  ke  Kowil.  Dalam  pelaksanaan    personel   yang    baru    masuk    untuk   sementara  ditempatkan  di Koramil  model  sambil  dibekali  pengetahuan  dan  keterampilan  serta  praktek  di  lapangan  yang  langsung  dibawah  pengawasan  Danramil.  Hasil  yang  didapatkan  sudah  barang  tentu  akan  sejalan  dengan  keterbatasan  yang   ada  dalam  arti  disana  sini  masih  ada  kekurangan – kekurangan.

BAB – III

FAKTOR – FAKTOR  YANG  MEMPENGARUHI

13.     Umum.        Dengan  memperhatikan  dan  menganalisa  kemampuan  Apwil  yang  ada,  didapatkan  beberapa  faktor  yang  berpengaruh  dalam  pemberdayaan  koramil  model,  baik  itu  faktor  internal  maupun  eksternal.  Selain  adanya  faktor – faktor  yang  berpengaruh  tersebut,  ditemukan  juga  beberapa  peluang  yang  dapat  dijadikan  sebagai  bahan  pemikiran / pertimbangan  dalam  upaya  peningkatan  Apwil  melalui  pemberdayaan  koramil  model.

14.     Faktor  Eksternal.         Faktor – faktor  eksternal  yang  merupakan  kekuatan  dan  kelemahan  sebagai  berikut  :

a.       Kekuatan.

1)       Adanya  beberapa  negara  yang  saat  ini  mulai  tertarik  dengan  pelaksanaan  Binter  yang  dilaksanakan  TNI,  khususnya  TNI – AD.  Negara  Amerika  Serikat  misalnya,  setelah  pasca  serangan  teroris  Internasional  tanggal  11  September  2001  telah  membentuk  “Depertemen  Of  Homeland  Security”  atau  Kementerian  Keamanan  Tanah  Air   yang   konsep   operasinya   mirip  Binter  dalam  menghadapi  ancaman  teroris  Internasional  dan  kejahatan  internasional  lainnya,  sedangkan  ditiap  negara  bagian  ada  organisasi  yang  disebut  “Army  National  Guard”  dan  “Air  Force  National  Guard”  semacam  Kodam  di  Indonesia  yang  dipimpin  seorang  Perwira  Tinggi  berpangkat  Bintang  Dua.  Selain  Amerika  Serikat,  masih  banyak  lagi  negara – negara  lain  yang  mempelajari  dan  menerapkan  Binter  yang  dikemas  sesuai  dengan  kondisi  negaranya,  seperti  Australia,  Inggris,  Nigeria,  Myanmar  dan  Kaboja.

2)       Adanya  tuntutan  sebagian  besar  masyarakat  yang  masih  menghendaki  keberadaan  Kowil  dengan  kegiatan  Binternya  disesuaikan  dengan  paradigma  baru   peran  TNI,  hal  ini  tentunya  akan  dapat  mendukung  lebih  optimalnya  peran  Apwil  melaksanakan  Binter  di  wilayahnya.

3)       Keberadaan  para  Purnawirawan  TNI  yang  saat  ini  menjabat  sebagai  pengurus  teras  diberbagai  partai  politik  telah  dapat  meyakinkan  elite  politik  yang  ada  bahwa  Binter  yang  dilaksanakan  TNI – AD  khususnya  telah  semakin  luas  diterima  masyarakat.

 b.       Kelemahan.

1)       Adanya  peran  elit  politik / kelompok  tertentu  yang  dalam  menyuarakan  keinginannya  menggalang  opini  di  masyarakat  yang   selalu  mendiskreditkan  keberadaan  Kowil  sehingga  membuat  ketakutan  di  masyarakat,  hal  ini  tentunya  akan  dapat  mengurangi  kepercayaan  masyarakat  terhadap  pelaksanaan  Binter  yang  dilaksanakan  Apwil  didaerah  dan  secara  tidak  langsung  merupakan  upaya  pembunuhan  terhadap  karakter  Apwil.

2)       Belum  tersosialisasinya  reformasi  pelaksanaan  Binter  dan  pentingnya  pelaksanaan  Binter  secara  menyeluruh  di  segenap  lapisan  masyarakat  yang  mengakibatkan  timbulnya  anggapan  bahwa  Binter  yang  dilaksanakan  oleh  apwil  merupakan  kenderaan  politik  TNI  untuk  kembali  menguasai  seluruh  potensi  wilayah  yang  ada  seperti  masa  lalu,  padahal  sesungguhnya  Binter  yang  dilaksanakan  TNI – AD  adalah  untuk  kepentingan  nasional  yaitu  pertahanan  negara.

15.     Faktor  Internal.  Beberapa  peluang  dan  kendala  yang  ditemukan  yang  berkaitan  dengan  pemberdayaan   koramil  model  dalam  menyiapkan  Apwil  yang  baru  masuk  ke  Kowil  sebagai  berikut  :

a.       Peluang.      

1)       Adanya  kebijaksanaan   Pimpinan  TNI – AD  untuk  membentuk  koramil  model  disetiap  Korem / Kodim  sesuai  kebutuhan  daerahnya  masing – masing,  hal  ini  tentunya  akan  dapat memberikan peluang  yang  besar  bagi  tiap  Korem / Kodim  dalam  memberdayakan  koramil  model  yang  ada  khususnya  dalam  menyiapkan  dan membekali  kemampuan  binter.

2)       Adanya  lembaga  pendidikan  pusat  pendidikan  teritorial  TNI – AD  ( Pusdikter )  yang  dapat  menyiapkan  prajurit – prajurit  teritorial  dibidang  Binter  yang  bertugas di  tiap  koramil  model  yang  pada  nantinya  selain  melaksanakan  tugasnya  sesuai  jabatannya,  juga  berfungsi  sebagai  tenaga  pendidik / pelatih  di  tiap  koramil  model  bagi  personel  yang  baru  masuk  ke  Kowil  ( Kodim  dan  Koramil ).

3)       Tersedianya  prajurit – prajurit  yang  mempunyai  dedikasi  tinggi  baik  di  satuan  tempur,  Banpur  maupun  Banmin  yang  sampai  saat  ini  belum  memperoleh  kesempatan  bertugas  di Kowil  yang  apabila  dapat  dimanfaatkan  secara  baik  akan  dapat  mempercepat  proses  penyiapan  sebagai  pelaksana  Binter  yang  baik  di  masa  depan.

 b.       Kendala.

1)       Terbatasnya  SDM  baik  secara  kwalitas  maupun  kwantitas  Apwil  yang  bertugas  di  Koramil  model  baik  itu  yang  menjabat  sebagai  Staf  Koramil  maupun  Babinsa  yang juga  difungsikan  sebagai  tenaga  pendidik  dan  pelatih  dalam  pembekalan  personel  baru  akan  berpengaruh  terhadap  pemberdayaan  koramil  model  dan  sekaligus  hasil  pembekalan  yang  dilaksanakan.

2)       Managemen / perencanaan  pembekalan  pengetahuan  teritorial  yang  diberikan  belum  mempunyai  pedoman  yang  baku,  dan  bahkan  terkesan  asal  dilaksanakan,  hal  ini  tentunya  akan  berpengaruh  pada  output  yang  diterima.

3)       Kelengkapan  sarana  dan  prasarana  yang  akan  digunakan  untuk  melaksanakan  pembekalan  di  tiap  koramil  model  belum  sepenuhnya  tersedia  seperti  barak  yang  fungsinya  untuk  menampung  personel  yang  dilatih,  demikian  juga  halnya  dengan  aula  dan  ruangan  lainnya,  bahkan  jika  hal  itu  ada  kondisinya  masih  sangat  minim  sekali,  dan  hal  ini  juga  akan  sangat  berpengaruh  dalam  upaya  pemberdayaan  koramil  model. 


BAB – IV

KONDISI  KORAMIL  MODEL  DAN  KWALITAS  APWIL
YANG  DIHARAPKAN


16.     Umum.        Pendayagunaan  koramil  model  yang  baik  akan  dapat  menghasilkan  Apwil  yang  berkwalitas.  Berhasil  dan  tidaknya  pendayagunaan  koramil  model  akan  sangat  tergantung  pada  penyelesaian  masalah / persoalan  yang  dihadapi  maupun  persyaratan  lain.

17.     Persyaratan  koramil  model.        Koramil  model  yang  ada  kedepan  hendaknya  memenuhi  persyaratan sebagai berikut  :

a.       Pangkalan.

1)       Koramil  model  letaknya  relatif  dengan  Makodim  agar  mudah  diawasi  dan  dikendalikan.

2)       Jauh  dari  tempat  keramaian  sehingga  dapat  memberikan  situasi  yang  kondusif  dalam  proses  belajar.


b.       Bangunan.

1)       Mempunyai  barak  sehingga  ada  tempat  menampung  personel  yang  dilatih.

2)       Mempunyai  aula  untuk  tempat  proses  belajar.

3)       Mempunyai  ruang  perpustakaan  dan  ruang  data.

4)       Tersedianya  ruang  yang  cukup  untuk  Danramil  dan  seluruh  Stafnya  serta  pergudangan  lain  yang  dibutuhkan.

c.       Kelengkapan  personel,  materiil  dan  referensi.

1)       Organisasi  koramil  model  secara  keseluruhan  terpenuhi,  baik  secara  kwantitas  dan  kwalitas.  Danramil,  staf  koramil  dan  para  Babinsa  mempunyai  pengetahuan  teritorial  yang  mamadai,  mental  dan  fisik  yang  baik  dan  pengalaman  yang  cukup  lama  dalam  pelaksanaan  Binter.

2)       Materiil  koramil  model  terpenuhi  sesuai  DSPP  demikian  juga  halnya  dengan  kelengkapan  lain  yang  dibutuhkan  dalam  proses  pengajaran.

3)       Referensi  yang  diperlukan  untuk  menunjang  proses  pengajaran  dan  pedoman  pelaksanaan kegiatan  di  lapangan  seperti  proglatri  koramil,  buku SJM koramil  ( BPUP,  BPKJ,  BPKU,  BPKK  dan  UTP ),  buku – buku  tentang  Binter,  buku  kerja  Danramil,  Staf  koramil  dan  Babinsa  serta  referensi  lain  yang  dibutuhkan  tersedia  dalam  jumlah  yang  cukup  dan  terpelihara.

18.     Kwalitas  Apwil  ke  depan.    Tugas  Apwil  adalah  melakukan  pembinaan  diwilayahnya  yang  diarahkan  kepada  sasaran  yang  menguntungkan  baik  untuk  kepentingan  Hankam  maupun  kesejahteraan  rakyat.  Kepadatan  dan  sasaran  kegiatan  yang  harus  dicapai  serta  adanya  permasalahan – permasalahan  yang  kompleks  yang  ditimbul  di  tengah – tengah  masyarakat  dalam  wilayah  binaan  akan  memaksa  Apwil  untuk  memilih  suatu  alternatif  pemecahan.  Kondisi  yang  demikian  tentu  akan  membutuhkan  penampilan  melalui  sikap,  tingkah  laku  dan  cara  berbicara  yang baik  dan  tepat  sehingga  tugas  yang  diemban  dapat  berhasil.  Tugas  tersebut  memang  sangat  berat,  tetapi  bila  hal  itu  telah  tercapai  maka  akan  berpengaruh  terhadap  pencapaian  tugas  pokok  TNI – AD. 
  
Dalam  rangka  Binter,  Apwil  yang  ada  dituntut  dapat  mengenal  daerah  tanggung  jawabnya  dan  pembinaan  segala  isinya  seperti  adat  istiadat,  kebiasaan,  agama,  tingkat  kehidupan  dan  aspirasi  masyarakat  serta  kemungkinan  adanya  kerawanan  seperti  masalah  tanah,  kriminalitas,  bencana  alam,  masalah  SARA  maupun  kerawanan  lain  yang  dapat  mempengaruhi  kondisi  keamanan  wilayah  dan  nasional.  Dengan  memperhatikan  tugas  dan  tanggung  jawab  Apwil  dewasa  ini  yang  tidaklah  ringan  dan  dibarengi  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  tehnologi  di  segala  aspek  kehidupan  maka  peran  Apwil  di  wilayah  sangat  diperlukan.  Untuk  menunjang  kegiatan  tersebut  maka  ke  depan  Apwil  yang  ada  harus  memiliki  kemampuan  yang  handal  sehingga  dapat  mendukung  pelaksanaan  pembangunan  di  wilayah.  Kemampuan  yang  harus  dimiliki  Apwil  ke  depan  adalah  kemampuan  khusus,  kemampuan  mental  dan  idiologi,  kemampuan  fisik,  kemampuan profesionalisme  dan  penguasaan  lima kemampuan  teritorial  serta  mempunyai  sikap  teritorial  yang  dijabarkan  sebagai  berikut  :

a.       Kemampuan  khusus.

1)       Peka  dan  tanggap  terhadap  permasalahan lingkungan.
2)       Hidup  sebagai  bagian  yang  utuh  dari  lingkungan.
3)       Mampu  sebagai  pengayom  dan  penyalur  aspirasi  yang  ada  dalam  lingkungan.
4)       Mampu  sebagai  patner  dan  dapat  berperan  sebagai  innovator  pembangunan  di  wilayah.
5)       Mampu  menjadi  contoh  dan  tauladan  didalam  menjalankan  kewajiban  sebagai  warga  negara  yang  baik.
6)       Mampu  menajdi  alat  penerangan dan  dapat  menunjukan  kebenaran  TNI  yang  merupakan  milik  rakyat,  lahir  dan  berjuang  untuk rakyat  sehingga  kehadirannya  selalu  didambakan  dan  dicintai  rakyat.

b.       Kemampuan  mental  dan  idiologi.   Apwil  didalam  pelaksanaan  tugas  dan kehidupan  yang  menyatu  dengan  masyarakat  harus  mempunyai  pendirian  yang  kokoh,  tidak  mudah  larut  dan  tergoyahkan  oleh  keadaan  lingkungan,  kebenaran  Pancasila  dan  UUD  1945  dengan  menghayati  dan  mengamalkannya  dengan  baik  dalam  kehidupannya  serta mempunyai kesadaran moral dan mental sebagai seorang Prajurit TNI.

c.       Kemampuan  fisik.   Mengingat  kondisi  transportasi  dan  kondisi  didaerah  dikaitkan  dengan  kemampuan  Kowil  dalam  mengadakan  sarana  transportasi  masih  terbatas  maka  untuk  melaksanakan  tugas  Binter  di daerah  yang  mencakup  sampai  pada  pelosok - pelosok  terutama  para Babinsa  diharapkan  mempunyai  kemampuan  fisik  yang  baik  sehingga  didalam  melaksanakan  tugasnya  dapat  menjangkau  seluruh  wilayah  binaannya.

 d.       Kemampuan  profesionalisme.      Profesionalisme  dimaksud  adalah  tingkat  kemampuan  dan  keterampilan  terhadap  penguasaan  tugas  Binter  dan  kemajuan  tehnologi  yang  dilandasi  jati  diri  TNI  sebagai  tentara  rakyat,  tentara  dan  tentara  nasional.

e.       Penguasaan  5  ( lima )  kemampuan  teritorial.

1)           Kemampuan  temu  cepat  dan  lapor  cepat.
2)           Kemampuan  manajemen  teritorial.
3)           Kemampuan  penguasaan  wilayah.
4)           Kemampuan  perlawanan  rakyat.
5)           Kemampuan  komunikasi  social.

f.        Sikap  teritorial.      Adalah  wujud  nyata  penghayatan  dan  pengamalan  Sapta  Marga,  Sumpah  Prajurit  dan 8  Wajib  TNI  dalam  bentuk  tingkah  laku  dan  cara  bergaul  antara  lain  :

1)           Murah  senyum.
2)           Tegur  sapa.
3)           Rasa  hormat  dan  terima  kasih.
4)           Kenali  adat  istiadat.
5)           Menyesuaikan  diri  disetiap  laporan  masyarakan.
6)           Positif  dalam  tata  susila.
7)           Kesediaan  untuk  membantu.
8)           Selalu  ikut  kegiatan  keagamaan.


BAB – V

KONSEPSI  PEMBERDAYAAN  KORAMIL  MODEL  DALAM
MENYIAPKAN  SUMBER  DAYA  APWIL  YANG  BERKWALITAS


19.     Umum.        Tantangan  tugas  bagi  Apwil  ke  depan  begitu  rumit  dan  kompleks,  untuk  mengantisipasi  setiap  permasalahan  yang  mungkin  timbul  dan terlaksananya  Binter  secara  baik  diperlukan  Apwil  yang  berkwalitas.  Apwil  yang  berkwalitas  dipersiapkan  melalui  pemberdayaan  koramil  model  dan  agar  kegiatan  tersebut  dapat  terlaksana  sesuai  tujuan   dan   sasaran   yang   diharapkan   maka   perlu  dibuat  suatu  rumusan  konkrit  dalam  menentukan  kebijaksanaan  dalam  pemberdayaan  koramil  model  untuk  menyiapkan  Apwil  yang  berkwalitas  sehingga  mampu  menghadapi  tantangan  tugas  ke  depan.

 20      Kebijaksanaan.

a.       Keberadaan  Kowil  adalah  merupakan  gelar  kekuatan  TNI – AD,  hal  ini  sudah  final  dan  tidak  perlu  untuk  dipersoalkan  lagi.

b.       Binter  TNI – AD adalah  tugas  terkandung,  artinya  tugas  itu  dominan,  tidak  variable  dan  berpengaruh  langsung  terhadap  pencapaian  tugas  pokok  TNI – AD.

c.       Seluruh  Prajurit  TNI – AD,  khususnya  Apwil  yang  bertugas  di  Kowil  harus  mengerti,  memahami  dan  mampu  melaksanakan  binter  dengan  baik.

d.       Memberdayakan  koramil  model  secara  maximal  dalam  rangka  menyiapkan / membekali  Apwil  yang  berkwalitas  guna  menunjang  kelancaran  pelaksanaan  Binter  di  wilayah.

21.     Strategi.     Kebijaksanaan  yang  ada  dijabarkan  ke  dalam  strategi  yang  berisi  tujuan,  sasaran,  subyek,  obyek  dan  metoda.

a.       Tujuan.         Agar  Komandan  Satuan  ditingkat  Kodim  dapat  memberdayakan  koramil  model  secara  optimal  guna  menyiapkan  Apwil  yang  mempunyai kemampuan  dan  keterampilan  sebagai  pembina  teritorial  yang  baik  dan  dapat  menjadi  contoh  bagi  koramil  lainnya  baik  dalam  rangka  pembinaan  teritorial  maupun  dalam  rangka  pembinaan  satuan.

b.       Sasaran.

1)       Terbentuknya  koramil  model  sesuai  persyaratan – persyaratan  yang  telah  ditentukan.

2)       Meningkatnya  kemampuan  Apwil  sebagai  pelaksanaan  Binter  yang  profesional.

3)       Meningkatnya  kemampuan  Apwil  untuk  mempengaruhi  masyarakat  dibidang  kesadaran  bernegara  dan  bela  negara.

4)       Meningkatnya  kemampuan  Apwil  dalam  menyiapkan  pertahanan  negara  aspek  darat  diwilayahnya.

c.       Subyek.

1)           Danrem.
2)           Dandim.
3)           Danramil.
4)           Staf  Koramil.

d.       Obyek.

1)           Staf  koramil.
2)           Babinsa.

e.       Metoda.

1)           Induksi.
2)           Edukasi.

22.     Upaya  yang  dilaksanakan.

a.       Pembenahan  kembali  koramil  model.    Secara umum  dapat  disimpulkan  bahwa  kondisi   koramil  model  yang  ada  saat  ini  belum  memenuhi  syarat – syarat  yang  ditentukan  dan  bila  ditelaah  lebih  mendalam  masih  ditemukan  koramil  model  yang  kondisinya  tidak  lebih  baik  dari  koramil  pada  umumnya,  hal  ini  tentunya  tidak  boleh  terjadi  karena  tidak  dapat  mendukung  upaya  pemberdayaan  koramil  model,  untuk  itu  perlu  dilaksanakan  pembenahan – pembenahan  ke  dalam  sebagai  berikut  :

1)       Pemilihan  pangkalan.     Koramil  yang  disiapkan  sebagai  koramil  model  dipilih  koramil  yang  relatif  dekat  makodim  agar  mudah  diawasi  dan  dikendalikan  Dandim.  Hal yang  perlu  dipertimbangkan  adalah  faktor  lingkungan  sekitar  pangkalan,  sebaiknya  dipilih  yang  faktor  lingkungannya  relatif  tidak  mengganggu  proses  belajar.  Apabila  hal  tersebut  diatas  belum  mendukung,  sebaiknya  koramil  model  yang  telah  disiapkan  diganti  dengan  koramil   lain  yang  kondisinya  lebih  baik  dan  dapat  memenuhi    keriteria    yang  ditentukan.

2)       Penataan  bangunan / ruangan.     Ruangan  perkantoran  koramil  model  agar  ditata  dengan  baik  sehingga  dapat  menimbulkan  kesan  bahwa  koramil  model  tersebut  memang  telah  disiapkan  dengan  baik.  Ruangan  untuk  Danramil,  Batuud,  Baur  wanra  dan  Baur  konsos  dengan  seluruh  data – data  yang  diperlukan  diusahakan  mempunyai  ruangan  sendiri – sendiri.  Demikian  juga  halnya  dengan  aula  yang  digunakan  untuk  tempat  belajar,  ruang  perpustakaan  dan  ruang  data  serta  barak  untuk  menanggung  anggota  yang  baru,  kondisinya  harus  selalu  terpelihara  dengan  baik.

3)       Meningkatkan  kwantitas  dan  kwalitas  personel  koramil  model.  Sedapat  mungkin  personel  koramil  model  mulai  dari  Danramil,  Staf  koramil  dan  para  Babinsa  sesuai  jumlah  desa  binaan  terpenuhi  secara  keseluruhan.  Jika  belum  terpenuhi  maka segera  dipenuhi  dengan  mengambil  personel  dari  koramil  lainnya.  Dalam  pemenuhan  personel  sebaiknya  dipilih  personel – personel  yang  mempunyai  :

a)       Pengetahuan  teritorial  yang  memadai.
b)       Kemampuan  dalam  pelaksanaan  Binter  dan  membina  perlawanan  rakyat.
c)       Mental  dan  fisik  yang  baik  dan  mempunyai  keahlian  khusus  diluar  ilmu  pengetahuan  teritorial.

Apabila  pemenuhan  personel  secara  kwantitas  sudah  terpenuhi  tapi  secara  kwalitas  belum  terpenuhi  maka  personel – personel  yang  ada  kemampuannya  harus  ditingkatkan  baik  melalui  pendidikan  dan penataran  bidang  teritorial  yang  dialokasikan  komando  atas  maupun  melalui  pendidikan  / latihan  dalam  satuan  serta  belajar  sendiri  maupun  mempelajari  pengalaman  orang  lain.  Mengingat  personel  koramil  model  mempunyai  tugas  rangkap,  yakni  sebagai  pelaksanaan  Binter  dan  sebagai  tempat  penyiapan / pembekalan  Apwil  yang  baru  masuk  ke  Kowil  maka  selain  mereka  dituntut  professional  melaksanakan  tugas  Binter,  mereka  juga  hendaknya  dapat  menjadi  guru  yang  baik  bagi  personel  yang  baru  masuk  maupun  personel  lain  yang  ada  di  jajaran  Kodim.  Untuk  menunjang  kegiatan  tersebut  maka  para  personel  yang  ada  khususnya  para  staf  koramil  hendak  mempunyai  kemampuan  CMI  yang  baik.  Dengan  demikian  menjadi  kewajiban  bagi  Dandim / Danramil  untuk  memberikan  pengetahuan  dan  latihan  CMI  bagi  personel  dimaksud.

4)       Melengkapi  pendukung  kegiatan  lainnya.    Hal  lain  yang  perlu  mendapat  perhatian  dan  disiapkan  adalah  sebagai  berikut :

a)       Buku – buku  referensi / Bujuk  yang  diperlukan  khususnya  yang  menyangkut  pengetahuan  Binter  bagi  seorang  staf  koramil  dan  babinsa  serta  buku – buku  lain  yang  dapat  menambah / memperluas  wawasan  Apwil  dalam  melaksanakan  Binter,  disiapkan  dalam  jumlah  dan  kondisi  yang  baik  di  Perpustakaan.

b)       Membuat  prosedur  kerja  dan  mekanisme  kerja  koramil  model.   Seperti  yang  telah  disinggung  diatas  bahwa  dibentuknya  koramil  model  selain  diberi  tanggung  jawab  untuk  menyiapkan  Apwil  yang  baru  masuk  ke  Kowil  dan  tempat    penugasan    bagi   Apwil  yang dianggap  belum  mampu  serta  menjadi  contoh  bagi  koramil  lainnya,  koramil  model  yang  ada  harus  juga  dapat  melaksanakan  tugas  Binternya  dengan  baik.  Mengingat  beratnya  beban  tugas  yang  harus  dilaksanakan  koramil  model  dalam waktu  yang  relatif  bersamaan  maka  perlu  dibuat  prosedur  dan  mekanisme  kerja  koramil  model  agar  semua  kegiatan / tugas  yang  dibebankan  dapat  terlaksana  dan  mencapai  tujuan  dan  sasaran  yang  telah  digariskan. 


Dalam  merumuskan  prosedur  dan  mekanisme  kerja  yang  akan  dibuat  faktor  tugas  sebagai  pelaksana  tugas  Binter  yang  dilaksanakan  koramil  model  tetap  menjadi  faktor  utama  yang  mendasari  kegiatan  lainnya.  Hal  ini  perlu  diperhatikan  agar  tidak  menimbulkan  masalah  baru  dalam  pelaksanaan  Binter  dilapangan.

c.       Melaksanakan   pembekalan   materi  bagi  personel  baru.   Personel  yang  baru  masuk  ke  Kowil  sebelum  ditempatkan  di  tiap  koramil terlebih  dahulu  dibekali / dilatih  di  koramil model.  Pembekalan  dilaksanakan  dalam  2 ( dua )  tahap  yaitu  pembekalan  ilmu ( teori )  dan  tahap  aplikasi  ( praktek lapangan ).  Pelaksanaan  pembekalan  mulai  tahap  perencanaan  sampai  tahap  pengakhiran  dibuat  oleh  Danramil  setelah  mendapat  persetujuan  dari  Dandim.  Selama  pelaksanaan  pembekalan  personel  baru  ditampung  dalam  barak  yang  tersedia.  Tenaga  pengajar / pelatih  yang  dilibatkan  adalah  Danramil,  Staf  Koramil  dan  personel  lain  yang  telah  disiapkan  serta  Dandim / Perwira  Staf  Kodim.  Materi  pembekalan  adalah  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  menyangkut  tugas  Apwil  sebagai  pelaksana  Binter  dan  pengetahuan  social  lainnya  yang  dapat  menunjang  kelancaran  tugas  Apwil  di  lapangan.  Mengingat  masukan  personel  yang  baru  masuk  ke  tiap  Kodim  tidak  selamanya  dalam  jumlah  yang  banyak,  maka  untuk  menghemat  dan  mengefektif kan  waktu,  biaya  dan  tenaga  pelatih  yang  diperlukan  maka  pelaksanaan  pembekalan  dapat  dijadikan  menjadi  satu  tempat  pada  salah  satu  koramil model  yang  ada  dijajaran  Korem  dimaksud.

d.       Melaksanakan  pendidikan / penataran  penyegaran  bagi  Apwil  lainnya.  Pada  dasarnya  pengetahuan – pengetahuan  kemiliteran  baik  itu  yang  digunakan  prajurit  di  Satpur,  Satbanpur,  Satbanmin  maupun  Kowil  adalah  pengetahuan  yang  relatif  mudah  dipelajari  dan  dipraktekkan,  akan  tetapi  jika  hal  tersebut  tidak  diadakan  penyegaran – penyegaran  maka  lambat  laun  pengetahuan  tersebut  dengan  sendiri  akan  dapat  berkurang,  dan  jika  itu yang  terjadi  tentu  akan  dapat  menghambat  pelaksanaan  tugas  dilapangan.  Selain  hal   itu  bahwa  selama  pelaksanaan  tugas  dilapangan  tidak  menutup  kemungkinan – kemungkinan  timbul  permasalahan – permasalahan  dalam  bidang  tugas  yang  memerlukan  pemikiran  baru  dalam  pemecahannya.  Agar  Apwil  yang  bertugas  di lapangan  selalu  dalam  kondisi  yang  segar  dengan  pengetahuan  dan  keterampilan  serta  cekatan  dalam  setiap  pemecahan  masalah  maka  secara  berjenjang  Apwil  yang bertugas  di  Kowil  harus  melaksanakan  pendidikan / penataran  penyegaran  yang  dilaksanakan  di koramil model.  Dalam  hal  ini  pendidikan / penataran  penyegaran  persoalan  sedangkan  materi  lainnya  sifatnya  hanya  untuk  mengingatkan  kembali.

  
BAB – VI

KESIMPULAN  DAN  SARAN


23.     Kesimpulan.            Dari  uraian  tentang  konsepsi  pemberdayaan  koramil  model  dalam  menyiapkan  sumber  daya  Apwil  menghadapi  tantangan  tugas  dimasa  depan,  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut  :

a.       Kondisi  koramil  model  yang ada  saat  ini  belum  sepenuhnya  dapat  diandalkan  khususnya  dalam  menyiapkan  personel  yang  berkwalitas  yang  akan  bertugas  sebagai  Apwil  di  Kowil.

b.       Koramil  model  akan  dapat  diberdayakan  secara  maximal  dalam  usaha  menyiapkan  Apwil  yang  berkwalitas  apabila  telah  mendapat  perbaikan  - perbaikan  dalam  segala  hal.

c.       Keberhasilan  pendayagunaan  koramil  model  dalam  menyiapkan  Apwil  yang  berkwalitas  sangat  dipengaruhi  oleh  kwalitas  personel  yang  ada  di  koramil  model  dan  personel  yang baru  masuk.

d.       Perencanaan  pembekalan  materi  pembekalan  yang dibuat  secara  baik  dan  peran  serta  aktif  dari  Dandim  dan  Perwira  Staf  Kodim  dalam  mengendalikan  dan  mengawasi  seluruh  kegiatan  pembekalan  materi  sangat  diperlukan  agar  kegiatan  dapat  berjalan  sesuai  dengan  tujuan  dan  sasaran  kegiatan  yang  telah  ditentukan.

24.     Saran.              Agar  ke  depan  koramil  model  dapat  diberdayakan  secara  maximal  dalam  menyiapkan  Apwil  yang  berkwalitas  maka  disarankan  sebagai  berikut  :

a.       Perlu  ditinjau  kembali  Prototype  bangunan  yang digunakan  sebagai  koramil  model,  khususnya  ruangan  yang  disiapkan  bagi  staf  koramil  maupun  ruangan  lainnya  yang  akan  digunakan  sebagai  tempat  proses  pengajaran.

b.       Mengingat  tugas  koramil  model  yang  sangat  berat  maka  disarankan  agar  organisasi  koramil  model  yang  ada  perlu  ditambah  Pejabat  Wadan  Ramil  dan  Jabatan  Batih  Koramil  yang  nantinya  diberi  tugas  dalam  menyiapkan  pembekalan – pembekalan  kepada  personel  yang  baru  masuk,  dengan  demikian  maka,  tugas  koramil  model  dalam  melaksanakan  Binter  akan  tetap  dapat  terlaksana  dengan  baik  tanpa  pengaruh  besar  dari  kegiatan  pembekalan  yang  dilaksanakan  di  koramil  model  tersebut.


c.       Mohon  ditinjau  kembali  kebijaksanaan  pimpinan  dalam  pemindahan / penunjukan  personel  yang  bertugas  di  Kowil,  disarankan  agar  personel  yang  bertugas  di  Kowil  adalah  personel – personel  yang  mempunyai  kemampuan  ilmu  dan  kondisi  fisik  dan  mental  yang  baik  serta  dedikasi  kerja  yang  tinggi.


BAB – VII

PENUTUP


25.     Demikian  tulisan  ini  dibuat  sebagai  sumbangan  pikiran  penulis  kepada  pimpinan  TNI – AD  dalam  menentukan  kebijaksanaan  khususnya  dalam  pendayagunaan  koramil  model  dalam  menyiapkan  Apwil  yang  akan  bertugas  di  Kowil  dan  semoga  bermanfaat.











1 komentar:

  1. Playtech's first mobile casino, the online sports betting
    Playtech, the 남원 출장샵 online sports betting 거제 출장마사지 company, today 전라남도 출장안마 announced the 이천 출장안마 launch of its first 경주 출장샵 mobile casino product in Europe, Asia, and South Africa.

    BalasHapus